Mengenal Mekanisme Baling – 2, Aerodinamika dan Manuver Helikopter


Pendahuluan

Salah satu keunggulan helikopter dibandingkan dengan pesawat terbang adalah kemampuannya bermanuver yang sangat fleksible dibandingkan dengan pesawat terbang, yaitu : tidak perlu landasan yang luas, bisa maju – mundur, bisa gerak samping kiri – kanan, diagonal kiri -kanan, hover ( terbang diam), berputar pada satu poros, apabila pilotnya trampil + berani, terbangnya bisa terbalik dan diam  (aerobatik)

Adapun urutan yang tepat  dilihat dari mekanika helikopter adalah baling – baling berputar –> kemiringan sudut variabel baling – 2 –> aerodinamika helikopter –> manuver (terbang, maju -mundur, berputar dst) tetapi karena yang sering kita lihat adalah manuver helikopter maka urutan pembahasan menjadi terbalik.

Bagaimana helikopter terbang  (manuver vertikal ) ?

Helikopter adalah pesawat terbang yang membuat suatu daya angkat secara langsung ke atas dengan mengandalkan mesin, baling – 2  untuk mengarahkan arah angin ke bawah agar helikopter dapat melawan grvitasi dan terbang. Lihat gambar 1

mesin --> baling - 2 melawan gravitasi

mesin --> baling - 2 melawan gravitasi

Manuver horisontal

Seperti yang sering kita lihat  helikopter sangatlah  kompatibel di bandingkan dengan alat transportasi lain, helikopter dapat maju – mundur, kesamping kiri – kanan, diagonal kiri-kanan  dan belok kiri -kanan lihat gambar 2

manuver horisontal

gambar 2

Manuver horisontal ini berpusat pada 2 kendali yaitu :

  1. Manuver  berpusat pada Baling – baling utama (cyclic) : maju – mundur, samping kiri – kanan, diagonal kiri – kanan, dst. untuk selanjutnya pembahasan manuver ini dapat diwakilkan oleh pembahasan manuver maju
  2. Manuver berpusat pada Baling – baling ekor : belok  kiri – kanan

Manuver Maju

Pada saat terbang, helikopter seperti sebuah gabus yang mengambang di atas air, gabus ini akan  berjalan tergantung kemana arus air membawanya.

Untuk itu sebuah helikopter agar dapat bergerak ke satu  arah misalnya maju berarti dia membutuhkan arah angin yang mendorongnya dari belakang ke depan, maka helikopter membuat suatu efek pendorong melalui baling -2  utama dengan membuat gaya angkat asimetris artinya ketidakseimbangan gaya angkat.

Gaya angkat depan dibuat minoritas sedangkan gaya angkat belakang dibuat mayoritas terjadi suatu dorongan dari belakang kedepan kemudian helikopter bergerak maju lihat gambar 3.

maju asimetris gaya angkat

gambar 3. maju asimetris gaya angkat

Pembuatan efek gaya asimetris tidak dilakukan secara terus – menerus karena bila dilakukan secara terus – menerus maka ketinggian helikopter akan berkurang dan kalo terlalu besar perbedaan daya angkat antara depan dengan belakang helikopter akan terbalik.

Tetapi dilakukan secara bergantian antara asimetris daya angkat dengan simetris agar helikopter berada pada ketinggian yang tetap dan tetap horisontal dengan kata lain disini perlu kepandaian pilot saat mengendalikan helikopter

Pembagian daya angkat asimetris  diatur oleh tongkat kendali (cyclic) yang mengatur agar sudut kemiringan baling – 2 tidak sama antara depan dengan belakang

Swashplate

Komponen utama yang mengatur sudut kemiringan baling – 2 asimetris, simetris – rata dan simetris miring disebut swashplate, sistemnya mendekati dengan mobil penggerak roda depan lihat gambar 4, 5,

swashplate pengatur sudut kemiringan baling - 2

gambar 4. swashplate pengatur sudut kemiringan baling - 2

swashplate - 2

gambar 5. swashplate - 2

Swashplate bertugas sebagai perantara dan penerus perintah dari tuas kendali ( cyclic) ke bilah baling – 2 dan terkait  langsung dengan urutan tuas kendali (cyclic) —> swashplate —> baling – 2.

apabila tuas kendali (cyclic) memerintah sudut kemiringan bilah baling – 2 sama maka swashplate meneruskannya ke bilah baling – 2 agar sudut kemiringannya sama begitu juga dengan perintah untuk sudut kemiringan yang tidak sama.

Belok  /  berputar, lurus

Pada saat baling – 2 utama berputar,  helikopter bereaksi terhadap putaran baling – 2 utama. Bila baling – 2 utama berputar ke satu arah maka helikopter akan bereaksi putar ke arah yang berlawanan.

Fungsi baling – 2 ekor untuk mengunci, melawan, mengikuti reaksi dari baling – 2 utama gunanya agar arah helikopter dapat dikontrol dengan baik.

Lihat gambar 6.

baling - 2 ekor sebagai stabilisator aksi baling - 2 utama dan pengontrol arah

gambar 6. baling - 2 ekor sebagai stabilisator aksi baling - 2 utama dan pengontrol arah

Aksi  – reaksi

Jika baling – 2 ekor tidak aktif  dan baling – 2 utama berputar ke satu arah (gambar 6, panah a), helikopter bereaksi kearah yang berlawanan (gambar 6, panah b)

Stabilisator dan pengontrol arah

Bila baling – baling utama berputar ke satu arah ( gambar 6, panah a) maka arah dorongan baling – 2 ekor juga yang sama ( gambar 6, panah c)  dengan kekuatan dorongan baling -2 ekor sebatas helikopter tidak berputar atau stabil

Bila helikopter hendak berputar searah dengan baling – 2 utama ( gambar 6, panah a), maka kekuatan arah dorongan baling – 2 ekor (gambar 6, panah d) ditambah, melawan reaksi dari baling – 2 utama.

Bila helikopter hendak berputar berlawanan dengan baling – 2 utama ( gambar 6, panah a), maka kekuatan arah dorongan baling – 2 ekor (gambar 6, panah e) dikurangi, mengikuti reaksi dari baling – 2 utama.

Kesimpulan

Karena keunggulan flesibilitas manuver helikopter lebih dibandingkan dengan pesawat terbang, ternyata fungsi aerodinamik daya angkat helikopter lebih aktif dan langsung berpangkal pada baling – baling utama dan baling – 2 ekor

About these ads

Tag: , , , , ,

38 Tanggapan to “Mengenal Mekanisme Baling – 2, Aerodinamika dan Manuver Helikopter”

  1. diviarsa Says:

    artikelnya mantabs bro…
    jadi pengen main RC lagi.

    btw… nice posting

    salam

    solidifikasi.wordpress.com

    • dqhasanudin Says:

      ya iyalah jangan sampai putus hubungan… ma RC, btw di RC dah dapat teorinya khan…. dah langsung aja ma yang beneran lebih asyik lagi….. bedanya cuma lebih menyeramkan… resikonya itu loooh… he.. he..

  2. joko sutejo tualang Says:

    aku suka sekali dengan artikel anda. saya rasa RC ini membuat hidup menjadi lebih hebat n keren. kalau bisa artikel abang lebih paten lagi ya bang. terus berjuang bang demi RC.

  3. qnoy Says:

    mas saya mau tanya boleh ya, saya lg pengen bikin helli rc, pake dinamo bekas cd room dan propeller 4 x3, yg saya mau tanya, gimana cara agar baling2 yang satu berputar kekanan dan yang stunya lagi berputar kekiri, tapi keduanya tetap mempunyai daya angkat, saya sudah coba bolak balik kabel tp baling2 yang satu anginnya kebawah dan yang satunya lagi keatas, baling2 saya letakan dikiri dan dikanan, percis hurup ” T” mas, dibelakangnya saya kasih baling2 kecil yg saya niat fungsikan sebagai baling 2 maju mundur mas, solusinya gimana ya mas agar kedua baling2 utama bisa berputar berlainan arah dan mempunyai daya angkat, ditunggu solusinya yah mas, via email…makasih banyak sebelumnya..

  4. dqhasanudin Says:

    Ide yg bagus mas… 1 point terpenting baling2 berputar harus membuat daya angkat… kalo dua tingkat baling2 (double rotor) berarti masing2 tingkat harus mengarah ke satu arah yaitu daya angkat artinya kemiringan baling menghisap dan mendorong kebawah 2. untuk double rotor rumusannya : -1 (satu rotor bergerak kesatu arah) +1 (satu tingkat lagi bergerak ke arah berlawanan) = 0 ( body heli diam), aplikasi hukum newton III aksi – reaksi, untuk itu dc motor harus bisa menggerakkan ke dua tingkat baling tersebut ke dua arah berlawanan sebagai jawabannya bisa dua dc motor atau dengan sistem gear dan F=ma untuk baling2 atas dengan baling 2 bawah harus sama.
    Untuk baling 2 atas harus dibuatkan balance bar + baling 2 fleksible agar heli dapat menggantung dengan daya angkat = hover, lihat teknologi rc heli 3 channel, untuk baling2 ekor sudah benar mas…
    Selamat mencoba… pasti menyenangkan….

  5. lutfiarto Says:

    saya sedang membutuhkan baling – baling aerodinamis ukuran 5 x 3 jika anda punya info yg menjual bisakah anda membantu saya memberikan infonya di 08174958006

  6. Dien Hanafi Alatas Says:

    Dari tidak tahu menjadi lebih jelas mengenai cara kerja helikopter. I think the helicopter’s flight system is amazing.

  7. aggy Says:

    mas saya mau ngrubah heli dobel blade jdi single blade,kira2 apa aja iy yg di butuhin …?

    • dqhasanudin Says:

      Beberapa hal yg hrs dibutuhkan untk mengubah heli double blade atau coaxial ke single blade :
      1. Rpm main blade hrs lbh tinggi dari heli coaxial / double blade minimum 40% lebih cepat yaitu dg cara : memperkecil rasio gear dc motor dg main motor atau dengan memperpanjang main blade
      2.Harus ada Tail blade yang arah dorongnya searah dengan putaran baling2 contoh bila putaran baling2nya ke kanan berarti arah arah dorongnya ke kanan
      3.kekuatan Dorongan angin Tail blade harus mampu mengatasi Tourque reaction dari main blade minimal heli bisa berputar kearah yg berlawanan dg tourqe reaction bila stick diaktifkan
      4. Tourqe reaction adalah reaksi gaya yang dihasilkan dari putaran main blade contoh bila putaran baling2 kekanan maka tourqe reactionnya ke kiri bodi heli kekiri
      Selamat mencoba …

  8. aggy Says:

    1. mm…gitu iy,,tapi kapan hari sya prnah lihat di frum,ad rubahan dobel blade mnjadi single tapi gak pake tail blade…itu gimna iy…?
    2. apakah hrus nmbah pcb lagi kalau mau pake servo…trus rangkaian ny gimna mas…mhon pencerahan….?

  9. dqhasanudin Says:

    aksi = reaksi, pernah melihat orang menembak ? pelurunya meledak, orangnya mundur ke belakang.. Baling 2 putar ke kanan sebagai aksinya bodi heli putar ke kiri sebagai reaksinya biasa disebut Tourqe..
    Fungsi tail sebagai anti Tourqe…
    Kalo boleh nama forumnya apa ? Hebat juga single blade tanpa tail Rotor…
    Penjelasan sy sebelumnya adalah untuk pembuatan rc heli single dg 2 channel artiinya fungsi ekor atau rudder n throtle / gas n body heli terkunci tidak terkena efek tourqe
    Untuk menambah fungsi aileron ( terbang geser kiri-kana) dan fungsi elevator( maju – mundur) itu adalah pengembangannya
    Untuk itu perlu diganti dg TX- RX bisa mengatifkan fungsi diatas dengan menggunakan 2 unit servo untuk fixed pitch(tdk 3D)
    Servo ini untuk menggerakkan swashplate n menggunakan arus dc n tiga kabel oranye untuk signal , merah arus positif, hitam arus negatif..

  10. aggy Says:

    hehehe…srry mas trnyata ad tail blade ny… kurang teliti liatny
    ini detilnya 295135_2953381332552_295927621_n.jpg

    http://a8.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc7/295135_2953381332552_295927621_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    529033_2953406533182_326656920_n.jpg

    http://a6.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-prn1/529033_2953406533182_326656920_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    528823_2683384422798_1435146398_n.jpg

    http://a8.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-prn1/528823_2683384422798_1435146398_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    528823_2683384462799_1089142312_n.jpg

    http://a2.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-prn1/528823_2683384462799_1089142312_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    602388_2953438653985_118644442_n.jpg

    http://a7.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc7/602388_2953438653985_118644442_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    523950_2953401853065_1685996594_n.jpg

    http://a5.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/523950_2953401853065_1685996594_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    523950_2953401813064_1048009429_n.jpg

    http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-prn1/523950_2953401813064_1048009429_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    523950_2953401773063_1204927659_n.jpg

    http://a1.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/523950_2953401773063_1204927659_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    529334_2953417653460_2094245672_n.jpg

    http://a6.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/529334_2953417653460_2094245672_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    428383_2953394812889_308125207_n.jpg

    http://a1.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/428383_2953394812889_308125207_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    428383_2953394772888_1563279673_n.jpg

    http://a4.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc7/428383_2953394772888_1563279673_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    545065_2953443774113_1772932884_n.jpg

    http://a6.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/545065_2953443774113_1772932884_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    428383_2953394732887_520178437_n.jpg

    http://a6.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/428383_2953394732887_520178437_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    529334_2953417573458_1286863279_n.jpg

    http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/529334_2953417573458_1286863279_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    545065_2953443734112_1525010437_n.jpg

    http://a8.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/545065_2953443734112_1525010437_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    309335_2953412213324_1440979498_n.jpg

    http://a1.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/309335_2953412213324_1440979498_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    376459_2953387732712_1451409919_n.jpg

    http://a6.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/376459_2953387732712_1451409919_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    545065_2953443654110_1953150091_n.jpg

    http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-prn1/545065_2953443654110_1953150091_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    309335_2953412133322_143297184_n.jpg

    http://a6.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc7/309335_2953412133322_143297184_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    295135_2953381412554_923622878_n.jpg

    http://a7.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/295135_2953381412554_923622878_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    309335_2953412093321_466400619_n.jpg

    http://a4.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/309335_2953412093321_466400619_n.jpg?dl=1

    Show in folderRemove from list

    309335_2953412053320_1321490109_n.jpg

    http://a2.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/309335_2953412

  11. aggy Says:

    ini mas yg di atas itu kliru…
    di tread ini mas…Aeromodelling – Page 137 – Kaskus – The Largest Indonesian Community…

  12. aggy Says:

    mas mw nnya skali lagi … seandainya pcb di heli rusak,trus di ganti sma pcb bukan bawaan heli,apakah bisa n apa bisa konek juga dngan remote bawaan heli…?

  13. dqhasanudin Says:

    syaratnya mas:
    1 hrs satu frekwnsi pcb -remote dan satu merk
    2.voltasenya hrs sama dengan batere
    3.jumlah channel hrs dg sama dg heli bawaan kecuali kl yg sudah ahli
    4. point 1 dan 2hrs merk kecuali 2.4 g yg low end mis remote v911 bs matching xieda 9958
    5.point 1 bisa beda pcb antara dengan remote tp hrs satu merk dan satu frekwensi

    Terjawabkan pertanyaan mas dari 5 point diatas selamt mencoba…

  14. deny Says:

    Hai mas..rc ane z100 sering lepas control knapa ya..kalau di gas naik tapi kalau di turunin gas nya ga mati jadi sering ketinggian dan crash.apa mslah di radionya,atau pcb nya thnk

  15. doni Says:

    mas mau nanya…
    heli mini saya sdh di atur posisinya ke posisi hover
    tail blade nya dah bisa nahan dari efek reaksi main blade.
    tp bukan nya hover malah terbang miring ke kiri..
    kenapa ya???

    • dqhasanudin Says:

      Single blade mas… ya pastilah yg pasti dia terbangnya flat ato horisontal kan…Itu efek dari tail motornya yg mendorong terbang ke kiri
      untk kompensasinya stik aileron arahkan ke kanan

  16. doni Says:

    mas mau nanya…
    heli mini saya sdh di atur posisinya ke posisi hover
    tail blade nya dah bisa nahan dari efek reaksi main blade.
    tp bukan nya hover,heli mini saya malah terbang miring ke kiri..
    kenapa ya???

  17. doni Says:

    oh iy mas…ane mau tanya nih…
    apakah semakin panjang batang keseimbangan akan semakin menambah keseimbangan heli??

  18. ari Says:

    mau tanya prof.. saya puny rc merk syma s107 bisa mundur tp tdk bisa maju. saat maju baling2 belakang tidak mau jalan.. tolong dong..

  19. Yoleam mk Says:

    Sungguh luar biasa article nya sebagai pemula sekaligus panatic helikopter rc saya sangat terinfirasi, sehingga mendorong kecintaan pd dunia aeromodelling. Kalo boleh saya ingin lebih jauh mengenal azas kerja swashplate dan seperti apa bagan nya trims. Salam hangat kita tunggu jawaban dan article bermamfaat lain khususnya tentang helikopter rc

  20. ahok humaini Says:

    bos…. tolong gimana kalooo baling2 yang atas RC tidak berputar… trims sebelumnya

  21. Ryzco Pratama Says:

    mas mw tanya ap bisa motor+rangkaian dr mobil rc d jdikan helikopter rc..
    bgai mna cara.nya….
    trimakasih

    • dqhasanudin Says:

      Bisa aja dg syarat hrs perbandingan gear motor dg gear heli harus terpenuhi hingga tercapai rpm yg tepat agar heli bisa terbang… dan juga berat heli maks biasaya motor untuk rc mobil butuh batere yg besar jadi heli semakin berat n tdk mau terbang kecuali bila diganti dg lithium dg voltase yg tepat dan lbh ringan

  22. areza rinengga Says:

    Mas mau nanyak nih, dinamonya helikopter yg mini bisa nggk dipkek buat pesawat aeromodelling?

  23. buhanudin Says:

    mas, mau tanya. kalau heli tidak mau maju kedepan, mundur, ke kanan, kekiri. itu apa nya ya? apa gara2 ekor belakangnya tidak berfungsi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: